Powered by Blogger.

Top Menu

Blogroll

WEH ISLAND. A TREASURE LAND.

by - 20:45

Well, di postingan sebelumnya, aqsha pernah berjanji untuk berkisah tentang Sabang kaaan, so in this opportunity I will release my promise to you… Yaitu cerita tentang Sabang. 
Tetep senyum walaupun sebenernya degdegan karena takut duit ga cukup muehehehe

Actually, Sabang itu bukan nama pulau, tapi nama kota di sebuah pulau.. semua pasti udah tau kan dimana sabang? yup, diujung paling barat Indonesia. Pulau tempat Sabang berada namanya pulau Weh, gatau filosofi namanya darimana, pulau ini ga terlalu besar, cuman sekitar 80km kelilingnya, dengan bentang alam luar biasa plus akses kesana yang mudah, sekitar sekali merangkak lah dari Banda Aceh *bohongdenghihihi* 

Rasanya pengen minta nomor hape si ikan biar bisa kenalan kalo begini mah... 
Aqsha sendiri udah dua kali ke Pulau Weh, pertama sama Bunda, dan yang kedua adalah sama anak anak kampus. Yah, namanya anak muda, uang adalah masalah utama saat mutusin untuk jalan jalan.. Jadilah aqsha dan 9 cewek serta 5 cowok lain memutuskan untuk backpackingan ke Pulau Weh. Jumat itu jam 10 pagi aqsha dan 14 temen lainnya udah berangkat dari pelabuhan Ulele Banda Aceh menuju ke Balohan Sabang, perjalanan laut ditempuh sekitar 2 jam setengah dan ga kerasa sama sekali karena sepanjang jalan aqsha dan temen temen asik becanda dan saling ngecengin, ditambah kami ngeliat ikan terbang yang pagi itu lagi aerobik diatas laut. 
Sampe di Pulau Weh, kami langsung chaw ke tujuan utama yaitu Pantai Iboih, sekitar 20km lah jauhnya dari kota Sabang, dan 31 km dari pelabuhan Balohan. Jalan dari kota Sabang ke Iboih itu mulusssss sekaliiih saudara saudara! Dan kalo kita jalan siang (kayak aqsha) kita bakal disuguhin pemandangan yang breathtaking beuudh, paket lengkap karena ada laut, bukit bukit dengan pohon yang hijau khas pulau tropis dan langit yang cerah serta terik. Nah, kalo jalannya nyantai Sabang Iboih itu ditempuh sekitaran 1 jam lah, itu udah include turun dan futu futu unyu biar bisa di upload ke instagram dan path, plus nge video-in perjalanan karena sepanjang jalan menuju Iboih yang 20 km itu kita bakal ngeliat banyak monyet monyet lucu yang jinak jinak. Mereka seakan akan ‘pamong tamu’ gitulah dan tugas mereka kayaknya emang menyambut wisatawan sih haha. 
Sampe di Iboih pemandangan ga kalah breathtakingnya…. Serius looh, Iboih emang keren keren keren sekaliiih, dimana lagi kalian bisa ngeliat pantai yang SEPI and you feel like the owner of the beach. Iboih is your private beach, dengan pasir warnanya cerah, air warna emerald sampe biru muda yang BENING dimana kita bisa liat everything, i mean EVERYTHING beneath the water. Pas hari Jumat, sore sore setelah nyampe dan check in di sebuah Bungalow, aqsha jalan jalan di dermaga dan melihat dari jarak sekitar 10m dua ekor ikan berwarna biru tosca dengan sirip kuning, lari lari manja di pinggir pinggir batu. What the?! Saat itu juga, rasanya aqsha mau buang hape gue dan langsung nyebur untuk kenalan dan minta twitter dan path nya si ikan (oke jayus). Setelah puas menyusuri pantai dan sempat beberapa kali niat untuk ngambang, Aqsha akhirnya pergi ke tugu km 0 Indonesia yang jaraknya sekitar 8 km dari Iboih, di tugu itu ada bendera Indonesia yang besaaar sekali, berkibar gagah dengan latar samudra Hindia, dan aqsha entah kenapa terharu ngeliatnya.  
Besoknya, pagi pagi bener aqsha udah siap untuk snorkeling, aqsha dan temen temen lain sewa sebuah kapal yang tengahnya ada kaca dan memungkin kan kita liat apa aja yang ada di bawah air, jadilah kami cewek cewek semua yang ngeliat ikan langsung teriak teriak kayak alay saking kagum sama ikan yang cantik cantik dan karang yang keren yang disebut sama guide nya sebagai karang batik *daebak* setelah puas puter puter, kita semua diturunin disalah satu spot yang kerennya luar biasa, disitu banyak karang dan di sela sela karang terlihatlah ikan yang lucu lucu dan sempat aqsha potret degan kamera, ditambah aqsha juga melihat leopard fish, ikan gede yang serem banget, katanya beracun dan sisiknya mirip kayak seragam trio macan. Tapi, keren! 
Biar snorkeling tapi tetep kece pas difutu, mending pake hijab yang bahannya tipis. Tetep cantik dan berjilbab walupun basah

Cape puter puter, aqsha dan temen temen nyempatin diri dulu buat jajal kuliner lokal yaitu sate gurita. Kami semua dengan keadaan basah dan bawel karena sibuk cerita tentang ikan yang sempat dilihat naik ke pantai untuk makan siang. Dan ternyataaaa, sate gurita itu bener bener uenaaaak tenaan dan ga mahal (seporsi cuman 15 ribu). Kenyang makan, kami nyebur lagi dan akhirnya waktu snorkeling di Rubiah selesai dengan datangnya perahu kaca untuk jemput kami balik ke Iboih. 
Sementara yang lain udah cape snorkeling dari jam 8 pagi sampe jam 3 sore, aqsha isma sama wardah rupanya belum puas, alhasil kami snorkeling lagi sampe jam 4 sore dan ga mempedulikan kulit kami yang udah merah merah gosong kayak kepiting kepanasan. 
Jam 4 lewat aqsha balik ke Bungalow, mandi mandi sekedar terus jam 5 udah chaw lagi ke Gapang. So how about Gapang? Gapang sama cakepnya sama Iboih, tapi kalo dibandingin Yoon-Ah SNSD menurut aqsha cakepan Gapang sama Ibioh (hihihi) sebenernya Gapang lebih deket dari kota daripada Iboih, jarak Iboih sama Gapang sendiri sekitar 2 kilometer lah. Gapang, pasirnya putih, airnya bening, ombaknya tenang, ikannya juga bagus bagus tapi sepiiiii banget kayak kampus pas liburan panjang. Aqsha kira di Gapang Resort samasekali gaada orang, tapi rupanya, rame sekali Gapang itu! Gapang kebanyakan dihuni sama bule, bule bule yang main main di Iboih, ternyata nginep di Gapang, dan kongkow serta mimik mimik di Lumba Lumba Diving Centre di Gapang. Ya, as you know, bagi orang kita pantai sepi itu ga afdol sementara bagi bule, makin sepi pantai, makin private keadaannya maka makin suka mereka. Gapang yang ga kalah indah sama Ibioh itu emang kayaknya hampir gaada wisatawan lokalnya, tapi entah kenapa, next time aqsha justru berniat penuh untuk nginep di Gapang karena ternyata harga Bungalownya sama. 
Nah yang ini Gapang

Abis futu futu di Gapang, kita balik ke penginapan dan….. Tidur panjang sampai matahari menjelang besok paginya. 
Udah hari Minggu, waktunya pulang karena Senin kuliah udah mulai. Jadi yaaaa…. Aqsha sama semuanya berangkat jam 8 pagi dari Iboih, pergi ke Sabang Hill (tempat yang terkenal dengan cerita mistisnya), Sabang Fair, Pantai Paradiso, Pantai Kasih dan Pantai Sumur Tiga. Semua di lalap sekaligus, berhubung udah pada capcai, jadi gaada yang terlalu excited foto2 kecuali aqsha (efek napsu untuk ngupload ke Instagram) lagipula, pantai pantai ini memang gaada yang se ‘HEAVEN’ Iboih sama Gapang. Puas keliling keliling dan foto foto, kita akhirnya balik ke kota untuk brunch di sebuah warung kopi selesai itu hunting souvenir. Dan aqsha cuma beli stiker mengingat uang didompet tinggal 25 rebu. eng ing eng. 
Perjalanan pulang, aqsha sempet ngeliat danau Aneuk Laot dan Pelabuhan Balohan dari ketinggian. Subhanallah! Keren! Dan sepanjang perjalanan ke Banda Aceh, ternyata banyak lumba lumba lagi arisan dilaut, jadi ratusan lumba lumba berenang tepat disamping kapal, lompat lompat seakan akan mau berenang jauh lebih cepat daripada kapal. Ya Allah, bener bener pemandangan luar biasa, dan pertama kali aqsha liat seumur hidup. Pulau Weh….. Bener bener pulau surga yang menyimpan banyak harta karun!

Sudah pernah di poskan sebelumnya di aqsha-annatasya.tumblr.com Oktober 2013

You May Also Like

0 comments

Followers